Type Here to Get Search Results !

Pompa Air Jet Pump VS Pompa Submersible

Pompa Air Jet Pump VS Pompa Submersible, Mana yang Lebih Bagus

Mengetahui cara kerja sistem air sumur yang berbeda sangat penting saat memilih pompa sumur yang terbaik untuk rumah Anda. Mempelajari jenis pompa sumur untuk mengetahui keunggulan dan kekurangannya masing-masing. 

Ada berbagai macam pompa sumur yang beredar di pasaran. Pompa jet pump dan pompa submersible 2 diantaranya.

Pompa jet pump lebih familiar di masyarakat karena sudah lama dipakai dari berbagai kalangan. Hampir setiap toko mudah kita temukan untuk pompa jenis ini. Sedangkan pompa submersible baru sebagian yang mengetahui.

Kedua jenis pompa tersebut bekerja sebagai bagian dari pengisian tangki penyimpanan air selanjutnya dialirkan menujun keran sudut rumah.



Daftar Pompa:


Jet Pump atau Submersible Pump?

Apa itu Pompa Jet Pump?

Pompa jet adalah jenis pompa sumur yang Anda butuhkan jika Anda memiliki sumur yang dalam. Dipasang di atas permukaan tanah dan dirancang untuk menarik air melalui pipa hisap. Pompa jet pump adalah teknologi terpercaya selama beberapa dekade untuk mengangkat air dari sumur bor atau sumur gali.  

Pompa jet pump sering menjadi bagian dari sistem pengisian tandon air. Jika pompa sumur dangkal biasa hanya membutuhkan satu pipa dengan kemampuan daya hisap maksimal kisaran 9 meter. Sedangkan pompa jet pump dengan dua pipa memiliki daya hisap 30 meter bahkan lebih.

Bagaimana Cara Kerja Pompa Jet Pump?

Pompa jet pump dapat menyedot dan beroperasi karena impeler dengan penggerak motor bertenaga listrik menggerakkan air melalui nosel jet yang ada di depan impeler, dan ini menyebabkan air bergerak dengan cepat. Pada akhirnya terbentuklah ruang hampa dan air tambahan diambil. Semua air yang dipindahkan ke atas pipa disimpan dalam sistem pemipaan.

Apa Itu Pompa Submersible?

Jika kedalaman sumur Anda mencapai 40 hingga 100 meter bahkan lebih, akan lebih efektif Anda menggunakan pompa jenis ini. Pompa submersible terbaru semakin sering digunakan dan lebih hemat energi dibandingkan jet pump.

Pompa submersible dikenal untuk memberikan volume air yang lebih tinggi dengan tekanan air yang lebih baik, pompa submersible mendorong air ke permukaan berbeda dengan pompa jet pump yang menggunakan daya hisap.

Bagaimana Cara Kerja Pompa Submersible?

Syarat pompa submersible dapat beroperasi, pertama pompa harus terendam sepenuhnya didalam air. Kemudian Anda dapat menghidupkan sakelar pada kontrol box agar impeler mulai bekerja mengalirkan air ke dalam pompa. Air yang terkumpul di pompa kemudian dibawa ke permukaan.

Pompa Jet Pump VS Pompa Submersible

Kedua jenis pompa ini dapat membawa air ke rumah Anda, meskipun ada beberapa perbedaan di antara keduanya. Dibawah ini perbedaan antara pompa jet pump dan pompa submersible:

  • Pompa jet pump harus diisi dengan air (dipancing) untuk pertama kali sebelum digunakan dan pompa submersible tidak perlu air pancingan.
  • Pompa jet pump dipasang diatas permukaan sedangkan pompa submersible harus terendam didalam air.
  • Pompa submersible mendorong air ke atas sedangkan pompa jet pump menggunakan hisapan untuk mengeluarkan air dari sumur.
  • Pompa submersible lebih hemat energi dariada pompa jet pump yang menggunakan lebih banyak energi.

Harga, Perawatan dan Perbaikan

  • Harga pompa jet pump relatif lebih murah daripada pompa submersible.
  • Pemasangan pompa submersible tidak memakan tempat tidak seperti pompa jet pump.
  • Pompa submersible menggunakan satu pipa sedangkan jet pump menggunakan dua pipa yang dimasukkan kedalam sumur.
  • Pompa jet pump lebih mudah untuk diperbaiki karena posisi pompa berada diatas permukaan dan pompa submersible akan lebih sulit disebabkan pompa berada di dalam sumur.
  • Komponen dan sparepart pompa jet pump mudah didapatkan daripada pompa submersible.

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.